5 Tanda Awal Kehamilan Sebelum Telat Haid yang Akurat

Tanda awal kehamilan sebelum telat haid belum pasti akurat menandakan kehamilan karena ada beberapa tanda yang perlu Anda konfirmasi. Tanda-tanda tersebut muncul sebagai satu kesatuan dan merujuk pada tanda awal kehamilan. Jadi, Anda tidak bisa menyimpulkan bahwa Anda hamil hanya dengan satu tanda saja karena satu tanda bisa berarti beberapa hal. Nah, berikut ini adalah tanda-tanda yang sebaiknya Anda amati sebelum Anda sadar bahwa Anda terlambat menstruasi jika Anda sudah tidak sabar ingin memiliki momongan. 

Tanda awal kehamilan

Morning Sickness

Morning sickness atau yang lebih akrab disebut dengan mual-mual adalah salah satu tanda bahwa Anda hamil. Rasa mual yang muncul di awal kehamilan bisa Anda rasakan 1 minggu setelah terjadinya pembuahan atau seminggu sebelum datangnya haid berikutnya. Rasa mual sebagai tanda awal kehamilan sebelum telat haid ini sangat berbeda dengan mual biasa karena kemunculannya sangat sering baik pagi, siang ataupun malam. Namun demikian, tidak semua wanita mengalami morning sickness sebelum haid.

 

Tanda Awal Kehamilan Sangat Sensitif Terhadap Bau

Jika Anda tiba-tiba mengalami rasa mual atau enek saat membaui aroma makanan yang bisa Anda sediakan di dapur, bisa saja benar bahwa Anda memang sedang hamil muda. Respon terhadap bau yang tidak bisa ini alami terjadi pada tiap wanita. Tidak ada sebab yang jelas mengenai ini tapi diduga sensitif terhadap bau disebabkan oleh hormon progesteron yang produksinya meningkat pada awal masa kehamilan. 

Namun, kemunculan sensitif terhadap bau saja tidak bisa dikatakan bahwa Anda hamil. Kenali juga tanda-tanda yang lainnya.

 

Kram Perut

Tahukan kram perut yang biasanya Anda alami sebagai pertanda datangnya menstruasi Anda adalah salah satu tanda kehamilan? Nah, dilihat dari segi waktu datangnya kram, memang hampir bersamaan, sehingga tidak heran Anda sering keliru. 

Kram perut sebagai tanda awal kehamilan sebelum telat haid terjadi karena implantasi sel telur yang tela dibuahi. Implantasi adalah proses menanamkan diri ke dalam rahim dan terjadi pada hari ke 8 hingga ke-10 pasca ovulasi. Jika menstruasi Anda teratur, Anda bisa mengenali kram perut sebagai tanda kehamilan pada waktu 4-6 hari sebelum haid berikutnya.

 

Sering Buang Air Kecil

Dari semua tanda kehamilan yang ada, sering buang air kecil bisa jadi merupakan yang paling mudah dikenali. Hal ini disebabkan oleh perubahan hormonal di dalam tubuh Anda yang akan meningkatkan aliran darah ke organ ginjal. Hasilnya, kandung kemih sebagai kantung berisi air seni menjadi cepat terisi. Tidak heran Anda menjadi sering ke belakang untuk kencing. 

Kandung kemih Anda akan semakin cepat terisi seiring dengan bertambahnya usia kehamilan. Jika ini didukung dengan tanda awal kehamilan sebelum telat haid lainnya, berarti Anda memang sedang hamil muda.

 

Tanda Awal Kehamilan Sering Cepat Lelah

Perubahan hormonal yang terjadi juga menyebabkan efek lain. Anda akan mudah lelah dan selalu ingin cepat tidur pada malam hari. Jika Anda memang mengalaminya, mungkin Anda benar-benar hamil karena ini disebabkan oleh meningkatnya produksi hormon progesteron. 

Apalagi, Anda juga mengalami tanda-tanda lainnya seperti payudara nyeri dan membesar yang terjadi pada 2-13 minggu pasca terjadinya pembuahan. Pusing juga mungkin terjadi karena turunnya tekanan darah dan pembuluh darah Anda membesar. Pusing juga mungkin terjadi karena rendahnya kadar gula dalam darah. 

Nah, ada banyak tanda-tanda yang mesti Anda kenali apakah itu bisa diartikan sebagai gejala tidak enak badan biasa atau tanda awal kehamilan sebelum telat haid.    

0 Response to "5 Tanda Awal Kehamilan Sebelum Telat Haid yang Akurat"

Posting Komentar