Tanda Awal Kehamilan 1 Minggu Secara Fisik dan Psikis

Tanda awal kehamilan 1 minggu yang muncul secara medis tidak dihitung dari hari pembuahan, tapi sejak terakhir kali Anda mengalami menstruasi. Tanda yang muncul pun mungkin berbeda antar wanita yang satu dengan yang lain. Karena ada beberapa tanda yang bisa Anda kenali, ada wanita yang mengalami semua tanda tapi ada pula yang hanya mengalami sebagian dari tanda yang ada. Nah, di dalam artikel ini, Anda akan mengetahui tanda-tanda awal kehamilan yang mungkin Anda alami secara fisik ataupun psikis. 


Tanda awal kehamilan 1 minggu

 

Tanda Awal Kehamilan 1 Minggu Secara Fisik

Disebut tanda secara fisik, berarti Anda bisa melihatnya dan merasakannya pada tubuh Anda. Salah satu yang paling sering muncul adalah spotting atau bercak darah. Disebut spot karena memang hanya semacam spot atau bercak yang jumlahnya sedikit. 

Dalam istilah medis, bercak disebut implantation bleeding yang terjadi akibat menempelnya sel telur yang telah dibuahi ke dinding rahim. Sebagai salah saltu tanda awal kehamilan 1 minggu, spotting mirip menstruasi tapi jumlah darah hanya sedikit. Jika Anda juga merasakan kram perut, bisa jadi memang Anda benar-benar hamil. Akibat dari proses implantasi janin, Anda akan merasakan efeknya dalam bentuk kram karena akan ada janin yang tumbuh di dalam rahim Anda. 

Selain itu, Anda juga akan menjumpai payudara Anda berubah. Cobalah mengecek payudara Anda. Jika payudara Anda menjadi lebih sensitif saat tersentuh atau tersentuh oleh bra secara tidak sengaja Anda merasa tidak nyaman, maka Anda mengalami gejala awal kehamilan. Selain itu, payudara juga akan terasa lebih lembut dan nampak sedikit membesar. Tanda-tanda awal kehamilan 1minggu ini muncul karena perubahan hormonal di dalam tubuh Anda sehingga dianggap sebagai kewajaran. 

Sensitifitas payudara juga diikuti oleh sensitifitas indera penciuman Anda. Anda akan merasa enek karena bau atau aroma makanan, rokok atau parfum yang tidak sengaja Anda hirup. 

Pada minggu pertama, Anda juga akan mengalami muntah dan mual-mual yang mungkin hanya terjadi pada pagi hari atau sepanjang hari. Kenali juga seberapa sering Anda ke kamar mandi untuk buang air kecil. Di minggu pertama, sangat umum seorang wanita sering kencing karena kandung kemih yang cepat penuh akibat tertekan oleh rahim. Frekuensinya semakin sering seiring bertambahnya usia kehamilan, namun sempat berhenti di minggu ke-12 dan mulai lagi pada minggu ke-28. 

 Anda juga akan mudah lelah bahkan setelah melakukan kegiatan ringan. Maka, disarankan bagi Anda untuk mengurangi aktifitas fisik Anda.

 

Tanda Awal Kehamilan 1 Minggu Secara Psikis

Psikis Anda juga akan merasakan efek akibat tanda awal kehamilan 1 minggu yang muncul. Jika secara fisik Anda mudah mengantuk, maka efek psikis Anda adalah Anda mudah sekali tersinggung tanpa sebab ang jelas. Coba Anda amati perubahan pada diri Anda. 

Terlebih lagi, psikis Anda juga sedikit terganggu. Akan muncul kekhawatiran yang tidak bisa dijelaskan. Anda menjadi sering merasa gelisah hingga mungkin mengalami stress. Beberapa wanita bahkan mengalami depresi. Mengingat efek psikis yang bisa begitu besar, Anda sangat membutuhkan orang-orang terdekat Anda seperti suami atau orang tua dalam menjaga kondisi psikis Anda di minggu pertama kehamilan. 

Menyimpulkan bahwa diri Anda hamil dari satu tanda kehamilan bukanlah ide yang bagus. Bahkan, jika Anda telah mengalami beberapa tanda di atas, alangkah sebaiknya Anda melakukan cek kehamilan secara medis. Sehingga, Anda bisa memastikan bahwa diri Anda hamil berdasar pada hasil tes dan juga tanda-tanda awal kehamilan 1 minggu.  

0 Response to "Tanda Awal Kehamilan 1 Minggu Secara Fisik dan Psikis"

Posting Komentar