5 Inti Tanda Hamil Sebelum Telat Haid

Tanda hamil sebelum telat haid menjadi penting khususnya bagi Anda pasangan suami istri yang belum memiliki seorang anak. Memang, Anda bisa melihat tanda kehamilan dari terlambatnya menstruasi, tapi bahkan itu tidak menjadi syarat mutlak bahwa Anda benar-benar sedang berbadan dua, khususnya banyak wanita yang tidak memiliki siklus menstruasi yang teratur. 

Untuk itu, sangat penting mempelajari tanda-tandanya sebelum telat menstruasi agar Anda bisa bersiap-siap memilih nutris yang paling tepat untuk janin di dalam kandungan. Nah, apa saja tanda-tandanya? Berikut ini ulasannya.  

Tanda hamil sebelum telat haid

Perubahan Warna pada Vagina

Nah, cara ini bisa dilihat dengan mata telanjang. Anda mungkin harus sering mengecek area kewanitaan Anda dan jika terjadi perubahan warna pada bibir organ intim Anda dari merah muda menjadi lebih pucat atau gelap, berarti Anda memang hamil. Selain itu, di saat yang sama, tanda hamil sebelum haid di awal kehamilan juga bisa berupa cairan yang keluar dari area intim. Cairan ini hanya sedikit dan tidak berbau karena merupakan cairan hasil dari pembuahan.

 

Spotting

Seringkali disebut bercak darah, spotting bisa dianggap sebagai tanda awal kehamilan sebelum datangnya menstruasi. Bercak darah ini sangat sedikit dan umumnya berwarna merah muda atau coklat. Anda bisa mengenalinya dari bercak yang menempel pada celana dalam yang Anda kenakan. 

Mengapa bercak ini menjadi tanda hamil? Ternyata, bercak ini merupakan hasil dari proses implantasi oleh sel telur (ovum) yang telah dibuahi oleh sperma. Sel telur yang telah dibuahi kemudian menempel pada dinding rahim. 

Selama darah yang keluar dalam jumlah sedikit, maka dipastikan ini berupa tanda kehamilan. Namun, jika sudah dalam jumlah banyak, bisa jadi ini tanda pendarahan apalagi disertai kram perut dan harus ditangani oleh dokter.

 

Tanda Hamil Sebelum Telat Haid Adalah Kram Perut

Ada yang khas dari kram perut sebagai sebuah tanda hamil sebelum telat haid. Sebagai calon ibu, Anda sebaiknya mengenalinya. Gejalanya sama dengan kram biasa, hanya saja pada perut. Kram ini disebabkan oleh hormon progesteron yang produksinya dihentikan oleh tubuh di corpus luteal karena plasenta sudah mulai terbentuk. 

Selain itu, kram perut juga dipicu oleh otot rahum yang meregang karena janin sudah mulai berkembang di dalam rahim. Untuk membedakan bahwa kram ini adalah suatu tanda kehamilan, kram perut hanya ringan saja tanpa disertai dengan keluhan lain. Jika Anda menemukan kram perut Anda sangat menyakitkan dan disertai dengan perdarahan yang banyak, segeralah ke dokter untuk memperoleh pertolongan.

 

Mual atau Muntah

Nah, jika Anda mual atau muntah tanpa sebab yang jelas, maka bisa jadi ini adalah tanda hamil sebelum telat haid. Mual disebabkan oleh tubuh Anda yang merespon meningkatnya produksi hormon progesteron. Akibatnya, asam lambung pun menjadi berlebih. 

Selain itu, mual juga dipicu oleh plasenta yang mulai memproduksi hormon HCG atau Human Chorionic Gonadotropin. Jika tidak, faktor psikologis Anda yang mulai tidak stabil di awal kehamilan juga bisa memicu mual. 

Rasa mual ini akan berangsur-angsur reda begitu kehamilan Anda semakin tua. Tapi, ada juga wanita yang terus merasakan mual selama kehamilan hingga bayi dilahirkan.

 

Cepat Lelah dan Sering Buang Air Kecil

Janin yang mulai tumbuh megharuskan tubuh Anda berbagai nutrisi. Pada masa awal kehamilan, tubuh Anda belum bisa beradaptasi dengan perubahan ini sehingga berakibat tubuh Anda cepat lelah, bahkan setelah melakukan kegiatan yang ringan sekalipun. Segeralah tingkatkan asupan nutrisi bagi ibu dan janin. 

Tubuh juga beradaptasi dalam bentuk lain. Volume darah yang mengalir semakin besar sehingga ginjal pun harus bekerja ekstra keras. Efeknya adalah Anda akan sering buang air kecil. 

Jika Anda memang benar-benar mengalami gejala di atas disertai dengan sensitif terhadap bau, mak bisa jadi Anda memang benar-benar hamil. Perlu tes kehamilan juga disertai dengan kemunculan tanda-tanda hamil sebelum telat haid.

0 Response to "5 Inti Tanda Hamil Sebelum Telat Haid "

Poskan Komentar