5 Kelompok Makanan yang Menyebabkan Keputihan

Makanan yang Menyebabkan Keputihan diyakini oleh banyak wanita, namun selama ini, belum ada bukti ilmiah yang mendukung bahwa makanan tertentu benar-benar positif menyebabkan keputihan. Anda boleh saja untuk tidak percaya, tapi fakta bahwa sesuatu yang dikonsumsi dalam takaran yang tidak normal pasti berakibat buruk. Mengingat keputihan tidak normal bisa menjadi hal serius dan mengganggu kenyamanan, alangkah baiknya kita mengetahui berbagai makanan yang mungkin bisa memicu keputihan. 
 
Makanan yang Menyebabkan Keputihan

Di bawah ini beberapa makanan yang Anda harus waspadai jika Anda konsumsi khususnya kaitannya dengan keputihan tidak normal. 

 

Pertama, Mentimun

Buah yang juga dipercaya mampu menurunkan tekanan darah dan mengobati diabetes ini ternyata memiliki efek menyebabkan keputihan. Dengan kandungan airnya yang tinggi, mentiumun juga mengandung Vitamin A, B dan C serta mineral, Kalium dan Magnesium. Manfaat mentium tidak hanya itu saja karena kandungan asam malonatnya ampuh untuk menurunkan berat. Namun, banyak wanita percaya bahwa mentimun adalah salah satu makanan yang menyebabkan keputihan.

 

Kedua, Makanan Dengan Kandungan Ragi

Ragi dalam makanan bisa hadir dalam beberapa macam makanan. Bukan makanannya yang menyebabkan keputihan, tapi raginya. Jadi, waspadailah konsumsi fermentasi makanan seperti keju, jamur dan pasta tomat. Seperti halnya mentimun, makanan yang mengandung ragi di dalamnya dipercaya bisa merangsang lendir pada area kewanitaan. Namun, tidak semua makanan yang terfermentasi itu berefek buruk terhadap keputihan. Yogurt, yang jelas dari fermentasi bakteri lactobacillus, dipercaya bisa menyingkirkan bakteri jahat.

 

Ketiga, Buah yang Dikeringkan

Jika Anda suka makan buah-buahan yang dikeringkan, kontrollah jumlahnya karena jika tingkat konsumsi Anda sudah mencapai berlebih, maka buah yang dikeringkan ini justru malah menyebabkan Anda keputihan. Hal ini dikarenakan, buah yang dikeringkan dan juga dikalengkan mengandung fruktosa atau gula yang tinggi. Efek negatif yang Anda alami adalah perkembangan jamur di organ kewanitaan yang akan tumbuh tak terkendali. Itulah sebabnya buah yang dikeringkan termasuk dalam makanan yang menyebabkan keputihan.

 

Keempat, Buah Nanas

Siapa yang tidak suka nanas, apalagi jika dibuat jus. Rasanya sangat menyegarkan, tapi dibalik kesegarannya, buah nanas ternyata memberikan efek buruk terhadap produksi lendir pada vagina Anda. Ya, memakan buah nanas secara berlebih bisa menyebabkan keasaman dalam lambung. Efeknya, reaksidalam lambung meningkat sehingga mengaktifkan bakteri pembusuk makanan pada lambung. Selanjutnya, keluar dari dalam tubuh dalam bentuk lendir lewat vagina yang sering dikenal dengan nama keputihan.

 

Makanan Yang Menyebabkan Keputihan Kelima, Gula

Gula yang dimaksud tidak sebatas pada gula pasir, tapi merujuk pada semua makanan yang mengandung banyak gula dan rasanya manis. Jika Anda ingin keputihan Anda tidak semakin parah, jauhilah makanan yang menyebabkan keputihan khususnya dengan kadar gula tinggi seperti permen dan donat serta buah dengan kandungan gula yang tinggi seperti pisang dan anggur. 


Selain itu, minuman bersoda juga menyebabkan keputihan karena biasanya, minuman seperti ini memiliki kadar gula yang tinggi. Gula akan menyebabkan perkembangan jamur di dalam tubuh tumbuh subur, khususnya candida albicans. Alangkah baiknya jika Anda mengontrol asupan gula Anda sehari-hari. Gula tetap dikonsumsi tapi dalam kadar secukupnya. Meskipun tidak ada bukti ilmiah, berbagai makanan di atas memang bisa menyebabkan keputihan. 


Namun, bukan berarti kita sepenuhnya tidak mengkonsumsi makanan tersebut. Makanan tersebut tetap bermanfaat bagi tubuh asal dikonsumsi tidak berlebihan. Anda sebaiknya tahu seberapa banyak yang Anda butuhkan, bukan yang Anda inginkan. Dengan begitu, Anda bisa terhindar dari keputihan dengan memperhatikan takaran dan jumlah asupan makanan yang menyebabkan keputihan.

0 Response to "5 Kelompok Makanan yang Menyebabkan Keputihan"

Posting Komentar