Tanda Hamil Keputihan Yang Normal Dan Abnormal




Memanag wanita hamil sering sekali mengalami yang namanya keputihan akan tetapi yang perlu Anda perhatikan adalah keputihan tersebut bisa sebagai tanda hamil keputihan yang normal dan abnormal. Lantas bagaimana cara untuk membedakannya? Beriktut ini ulasannya.

Ketika Anda sedang hamil, tubuh Anda pasti akan mengalami banyak sekali perubahan baik secara fisik maupun secara psikologis. Salah satu hal penting yang harus Anda perhatikan adalah apakah perubahan tersebut merupakan sebuah perubahan yang dikategorikan sebagai perubahan normal atau malah sebaliknya perubahan yang Anda alami merupakan perubahan yang abnormal.

Begitupun juga terkait dengan keputihan yang sering dialami oleh wanita hamil. Dalam hal ini Anda juga harus memahami apakah tanda hamil keputihan tersebut merupakan keputihan fisiologis (normal) atau malah patalogis (abnormal). Karena kalau keputihan Anda merupakan keputihan yang patalogis maka sangat membahayakan bagi Anda dan anak yang sedang berada di dalam kandungan.

Mengapa Terjadi Keputihan pada Ibu Hamil ?

Pada saat memasuki masa kehamilan, seorang ibu hamil pasti mengalami yang namanya perubahan hormonal. Perubahan hormonal ini yang mengakibatkan terjadinya keputihan itu sendiri.

Aliran darah yang semakin meningkat ke daerah kewanitaan Anda ketika sedang hamil sehingga akan mempegaruhi peningkatan cairan pada vagina. Sebenarnya pada ibu hamil, cairan vagina memiliki manfaat untuk mencegah infeksi dari vagina menuju rahim, dengan catatan kalau keputihan Anda tersebut merupakan keputihan yang fisiologis. 

Akan tetapi kalau keputihan Anda merupakan keputihan patalogis maka bukan mencegah infeksi lagi akan tetapi bisa mengganggu organ reproduksi Anda itu sendiri atau parahnya lagi bisa mengganggu si janin yang sedang Anda kandung.

Ciri-ciri Tanda Hamil Keputihan

Di atas sudah dipaparkan kalau keputihan itu sendiri ada yang namanya keputihan yang fisiologis dan keputihan patalogis. Lantas bagaimana caranya untuk mengetahui kalau keputihan yang sedang dialami merupakan keputihan fisiologis atau malah keputihan patalogis?

Keputihan fisiologis memiliki ciri cairan yang dikeluarkan berwarna bening keputihan dan hampir mirip seperti susu. Tidak berbau dan tidak menyebabkan gatal atau terasa nyeri.

Sedangkan keputihan patalogis memilki ciri-ciri cairannya berwarna kekuningan, kehijauan dan kekuningan. Cairannya lebih kental dan lengket. Memiliki jumlah cairan yang banyak, selain itu rasa gatalnya juga tidak tertahankan. Dan menimbulkan bau yang sangat menyengat sekaligus terjadi kemerah-merahan di daerah sekitar vagina.

Tips Yang Dapat Dilakukan Ketika Ibu Hamil Mengalami Keputihan

Beberapa tips yang bisa Anda coba untuk menanggulangi keputihan pada saat tanda hamil keputihan adalah sebagai berikut:
  1. Anda harus selalu menjaga kebersihan dari daerah vagian Anda agar supaya keputihan tidak semakin parah.
  2. Selalu buat area vagina dalam keadaan kering. Hal ini dimaksudkan agar supaya tidak semakin lembab sehingga jamur tidak mudah untuk berkembang biak.
  3. Gunakanlah celana dalam yang terbuat dari katun sehingga mudah untuk menyerap keringat pada area vagina.
  4. Jangan terlalu sering Anda memakai pantyliners serta hindari juga untuk melakukan douche vagina.
  5. Jangan terlalau sering untuk mengkonsumsi obat-obat kewanitaan.
Tanda hamil keputihan merupakan hal yang wajar terjadi pada saat masa kehamilan. Akan tetapi meskipun sebuah hal yang wajar Anda tetap harus memperhatikannya, takutnya kalau keputihan Anda tersebut bukan merupakan keputihan yang fisiologis akan tetapi malah sebuah keputihan yang patalogis. 

Kalau Memang keputihan Anda merupakan keputihan yang patalogis maka jangan pernah untuk menyepelekannya. Karena kalau Anda sepelekan dikhawatirkan akan berakibat fatal bagi Anda dan bayi yang sedang di dalam kandungan.


0 Response to "Tanda Hamil Keputihan Yang Normal Dan Abnormal"

Posting Komentar