Keputihan Sebagai Gejala Ibu Hamil


Keputihan Sebagai Gejala Ibu Hamil


Salah satu gejala ibu hamil adalah adanya keputihan yang menyertainya. Banyak ibu hamil yang mengalami juga yang namanya keputihan. Memang hal seperti ini dianggap merupakan hal yang normal. Akan tetapi perlu juga dimengerti kalau keputihan terjadi lantaran ada sebabnya. Maka dari itu ketika Anda mengalami keputihan pada saat hamil Anda juga harus mengetahui penyebabnya juga agar supaya Anda bisa melakukan penanganan dengan tepat.

Kemudian yang akan menjadi pertanyaan terbesar dalam pembahasan masalah ini adalah hal apa yang menyebabkan keputihan ini selalu membarengi ibu yang sedang hamil? Lantas berbahayakah keputihan ini? kemudian bagaimana cara mengatasinya?

Macam-macam Keputihan Sebagai Gejala Ibu Hamil

Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada di atas, Anda terlebih dahulu harus mengetahui kalau yang namanya keputihan itu ada yang bernama keputihan Fisiologis (keputihan normal) dan keputihan Patalogis (keputihan abnormal). 

1.      Keputihan Fisiologis

Kepuithan fisiologis ini pada wanita hamil tidak akan membahayakan janin yang berada di dalam kandungan, hal ini disebabkan karena adanya selaput ketuban yang bisa melindungi janin yang berada di dalam kandungan. 

Maka dari itu keputihan fisiologis disebut dengan keputihan yang normal. Adapun cirinya adalah cairan yang keluar encer, warna dari cairan tersebut memiliki warna bening atau krem, tidak berbau dan tidak menyebabkan rasa gatal. Selain itu jumlah cairan yang keluar juga sedikit. 

2.      Keputihan Patalogis

Keputihan patalogis terjadi karena adanya masalah pada organ kewanitaan Anda. Maka dari itu apabila ibu hamil mengalami keputihan patalogis ini maka bisa mengancam ibu hamil sekaligus janinnya. 

Adapaun ciri-ciri dari keputihan patalogis adalah cairan yang keluar kental, warna cairannya putih seperti susu atau bisa juga berwarna kuning atau bahkan bisa berwarna hijau. 

Keputihan patalogis ini juga menyebabkan rasa gatal dan baunya tidak sedap. Selain itu keputihan patalogis juga akan meninggalkan bercak-bercak yang dapat terlihat bekasnya pada celana dalam Anda. Jumlah cairan yang keluar juga sangat banyak.

Keputihan Sebagai Gejala Ibu Hamil Dan Penyebabnya

Bisa dikatakan kalau keputihan merupakan gejala yang umum dialami oleh para ibu hamil. Situasi seperti ini disebabkan karena adanya perubahan hormonal yang terjadi pada saat masa kehamilan sehingga berefek pada meningkatnya produksi cairan. 

Keputihan pada ibu hamil ini juga disebabkan karena vagina pada ibu hamil mengalami penurunan keasaman dan juga bisa disebabkan karena adanya perubahan yang terjadi pada kondisi pencernaan dari ibu hamil tersebut. 

Dan yang perlu Anda perhatikan adalah meskipun awalnya Anda mengalami keputihan fisiologis kalau tidak segera menanganinya maka ada kemungkinan keputihan akan berubah menjadi keputihan patalogis. Dan tentunya situasi seperti ini akan sangat membahayakan bagi ibu hamil dan bayinya.

Keputihan Sebagai Gejala Ibu Hamil Dan Cara Mengatasinya

Salah satu cara untuk mengatasi keputihan adalah dengan menjaga organ intim kewanitaan agar selalu dalam keadaan bersih. Ketika Anda membersihkan organ kewanitaan ini perhatikan juga untuk memilih alat pembersih yang sekiranya tidak mengganggu kestabilan pH pada vagina Anda terganggu. Kalau sampai terganggu hal yang terjadi bukannya keputihan akan sembuh akan tetapi malah akan menjadi semakin parah. 

Cara lain yang bisa Anda coba adalah menggunakan bedak atau bubuk yang bisa membuat vagina Anda tetap kering sekaligus harum. Vagina yang lembab hanya akan membuat jamur dan bakteri jahat yang ada di dalam vagina tumbuh dengan sangat subur. 

Pemilihan celana dalam juga sangat penting untuk mengatasi keputihan. pilihlah celana dalam yang bisa menyerap keringat agar supaya vagina tidak menjadi lembab. Selain itu hindari juga memakai celana yang ketat. 

Kesimpulannya adalah meskipun keputihan merupakan gejala ibu hamil akan tetapi kalau tidak ditangani dengan baik akan menjadi sesuatu yang bisa mengancam kesehatan organ reproduksi dan janin yang sedang berada di dalam kandungan.




0 Response to "Keputihan Sebagai Gejala Ibu Hamil "

Posting Komentar