Penyebab Terbesar Keputihan Pada Kehamilan Dan Cara Untuk Mengatasinya

Penyebab Keputihan Pada Kehamilan

Penyebab Terbesar Keputihan Pada Kehamilan Dan Cara Untuk Mengatasinya

Apa sebenarnya yang menyebabkan banyak sekali kasus terjadi keputihan pada kehamilan? Kemudian berbahayakah ketika mengalami keputihan pada saat kehamilan? Lantas bagaimana caranya untuk mengatasi keputihan pada saat kehamilan?

Bagi Anda yang sudah memasuki masa subur bisa dipastikan pernah mengalami yang namanya keputihan. Begitupun juga keputihan yang sering terjadi pada saat kehamilan. Pada dasarnya keputihan khusunya pada saat kehamilan terjadi lantaran terjadinya peningkatan cairan pada vagina yang diakibatkan oleh perubahan aliran darah dan perubahan pada hormonal disekitar rahim dan vagina.

Situasi di atas mengakibatkan meningkatnya proses sekresi yang sedang terjadi pada vagina. Ternyata selain itu juga ada fator penyebab lainnya seperti terganggunya keseimbangan keasaman pada vagina sehingga mengakibatkan tumbuhnya jamur yang kemudian mengakibatkan adanya iritasi pada vagina.

Pada dsasarnya keputihan dan kehamilan merupakan dua hal yang berdampingan. Maka dari itu bisa dipastikan kalau wanita hamil pasti akan mengalami juga yang namanya keputihan. Akan tetapi meskipun demikian tentunya situasi semacam ini akan sangat mengganggu, maka dari itu Anda harus segera mengetasinya.


Tanda-Tanda Keputihan Pada Kehamilan


Ada tiga macam keputihan yang berbahaya dan sering terjadi pada saat Anda sedang hamil yaitu:
  1. Trikomoniasis
Umumnya gejala yang sering terjadi pada keputihan jenis ini adalah Anda akan merasa nyeri serta gatal pada daerah sekiktar vulva dan Anda juga akan merasakan panas serta cairannya akan berbentuk kuning kehijauan. Keputihan jenis seperti ini disebabkan oleh Trichomonas vaginalis.

  1. Vaginosis Bakterialis
Keputihan pada kehamilan yang kedua ini disebabkan karena menghilangnya jumlah laktobasili yang buruk dan adanya pertumbuhan mikroorganisme lain yang berlebihan. Adapun gejalanya adalah akan terasa gatal dan munculnya bau tak sedap serta cairannya kental.

  1. Kandidosis Vulvovaginal
Penyebab dari keputihannya adalah dikarenakan ulah dari jamur candida albicans. Adapun gejalanya adalah cairannya kental disertai bau yang tidak sedap ditambah rasa gatal serta lecet pada vulva.

Mengatasi Keputihan Pada Kehamilan

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh para ibu hamil dalam mengatasi keputihan saat hamil.
  1. Anda harus membiasakan untuk selalu menjaga kebersihan dari area kewanitaan Anda. adapun yang perlu diperhatikan ketika membersihkannya adalah hendaknya dibasuh dari arah depan menuju belakang agar supaya tidak mengakibatkan terjadinya kontaminasi akibat dari bakteri pada anus atau saluran kemih.
  2. Biasakan untuk tidak terlalu sering menggunakan celana yang ketat dan hindari juga penggunaan panty Liner karena hal tersebut hanya akan mengakibatkan vagina lembab.
  3. Biasakan untuk memakai celana dalam yang berbahan katun agar supaya tidak lembab dan mudah ketika menyerap keringat.
  4. Kurangi juga dalam penggunaan sabun ataupun formula pembersih untuk daerah kewanitaan Anda.
  5. Segera mungkin keringkan daerah kewanitaan setaelah Anda mandi dan segera mungkin ganti celana dalam Anda ketika sudah dirasa basah ataupun lembab.
  6. Biasakan untuk selalu menggunakan air yang bersih pada saat membasuh daerah kewanitaan Anda.
Itulah beberapa cara yang bisa Anda tempuh pada saat Anda mengalami keputihan pada saat kehamilan. Yang terpenting dalam hal ini apakah keputihan Anda tergolong dalam keputihan yang normal atau yang tidak normal sebaiknya segera mungkin untuk mengatasinya. 

Apalagi dalam hal ini Anda dalam masa kehamilan. Maka dari itu mengatasi keputihan pada kehamilan merupakan hal penting yang harus Anda lakukan.



0 Response to "Penyebab Terbesar Keputihan Pada Kehamilan Dan Cara Untuk Mengatasinya"

Posting Komentar