Kenapa Terjadi Keputihan Di Awal Kehamilan?


Kenapa Terjadi Keputihan Di Awal Kehamilan


Sebenarnya sama halnya dengan keputihan yang umum terjadi pada Anda, keputihan di awal kehamilan juga salah satunya disebabkan oleh kurang terjaganya kebersihan dari vagina Anda. Selain hal tersebut, keputihan ini juga bisa dipicu oleh perubahan hormonal yang terjadi pada saat awal kehamilan sehingga Anda akan mengalami stress dan akhirnya keputihan tersebut akan muncul.


Banyak ibu hamil yang mengkhawatirkan terjadinya keputihan pada saat awal kehamilannya. Kekhawatiran ini kebanyakan disebabkan kalau keputihan akan berpengaruh buruk terhadap janin. Akan tetapi sebelum Anda merasa was-was sebaiknya Anda terlebih dahulu harus bisa membedakan keputihan yang berbahaya dan yang tidak.

Keputihan yang normal umumnya dialami oleh wanita setiap bulannya. Hal seperti ini murni disebabkan oleh hormon. Akan tetapi keputihan yang tidak normal disebabkan karena terjadinya masalah pada area kewanitaan Anda. Maka dari itu bagi Anda yang sedang hamil muda perhatikan keputihan di awal kehamilan Anda apakah itu merupakan keputihan yang normal atau yang tidak normal.

Bagi Anda yang hamil muda produksi lendir dipastikan akan mengalami peningkatan. Misalnya seperti keluarnya lendir tebal sebagai tanda kalau Anda sedang hamil. Akan tetapi meskipun pada ibu hamil umunya produksi lendirnya meningkat akan tetapi apabila lendir tersebut tidak berbau tidak berwarna serta menimbulakan gatal maka Anda harus mewaspadainya.

Pada awal kehamilan meningkatnya cairan di organ intim dapat juga terjadi dikarenakan adanya proses implementasi yang disertai dengan bercak-bercak dan hal seperti ini masih dianggap sebagai sesuatu yang normal asalkan saja tidak menimbulkan bau yang menyengat.

Selain itu Anda juga harus memperhatikan bagaimana tekstur dari cairan tersebut. Beberapa kasus ditemukan ada cairan yang mengental sampai menyerupai keju serta berwarna kehijauan atau kekuningan dan disertai juga dengan bau amis. Ketika Anda mengalami situasi seperti ini maka besar kemungkinan terjadi infeksi pada organ intim dan hal seperti ini bisa mengancam janin.

Penyebab Keputihan Di Awal Kehamilan

Penyabab kenapa sampai sering terjadinya keputihan pada saat awal masa kehamilan dapat dibedakana menjadi dua. Pertama kondisi Vulvovaginal yaitu kondisi yang disebabkan oleh mikro organisme yang dipicu oleh beberapa sel-sel jamur pada saat kehamilan.

Kedua adalah Vaginosis Bakterialis yaitu kondisi dimana berkurangnya pertumbuhan dari sel bakteri baik yang terjadi pada saat wanita sedang hamil.

Cara Mengatasi Keputihan Di Awal Kehamilan

Memang ada dua jenis dari keputihan yaitu yang normal dan tidak normal. Akan tetapi apapun jenisnya yang namanya keputihan pasti akan sangat mengganggu. 

Maka dari itu dalam situasi ini Anda harus segera melakukan penanganan. Adapun cara yang bisa dilakukan agar supaya bisa mengatasi keputihan pada saat awal kehamilan adalah sebagai berikut:
  1. Selalalu membersihakan organ intim pada saat selesai buang air besar ataupun kecil. Membasuh organ intim yang benar adalah dengan cara membasuhnya dari arah depan ke belakang. Jangan sebaliknya.
  2. Sangat hindari untuk memakai pakaian dalam yang berbahan sintesis dan celana yang ketat. Hal ini disebabkan kalau Anda melakukan hal seperti itu otomatis keringat akan mudah keluar dan yang terjadi selanjutnya adalah bakteri akan mudah untuk berkembang biak pada organ intim Anda.
  3. Hindari berendam pada air hangat. Jamur penyebab keputihan akan mudah berkembang biak di situasi seperti ini.
  4. Dan yang terakhir adalah kurangi memakan makanan yang manis dan minuman yang mengandung kafein.

Meskipun keputihan di awal kehamilan merupakan hal yang wajar terjadi akan tetapi Anda juga harus memastikan apakah keputihan Anda merupakan keputihan yang normal atau yang tidak normal.


0 Response to "Kenapa Terjadi Keputihan Di Awal Kehamilan?"

Posting Komentar