Berbahayakah Keputihan Saat Hamil Dan Bagaimana Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil




Berbahayakah keputihan saat hamil dan bagaimana cara mengatasi keputihan saat hamil? Tingkat infeksi jamur keputihan pada saat kehamilan umumnya dikarenakan fluktuasi hormonal dan perubahan daerah sekitar vagina. Permasalahan ini bisa Anda alami pada saat hamil muda, trismester pertama, dan bahkan pada saat hamil tua sekalipun.

Pada dasarnya infeksi jamur keputihan sebenarnya bukanlah permasalahan yang langka dalam dunia medis, apalagi pada Anda yang masa kehamilannya pada trismester pertama, kedua, dan ketiga. Hal ini terjadi dikarenakan tingkat keasaman pada vagina menjadi berubah dikarenakan perubahan tubuh sehingga mengakibatkan meningkatnya pertumbuhan dari jamur ragi yang ada pada vagina. Maka dari itu apabila Anda mengalami situasi seperti ini maka segeralah untuk melakukan penanganan secepatnya dan jangan pernah Anda menundanya.

Resiko Infeksi Jamur Keputihan Saat Hamil

Apa yang menjadikan wanita yang sedang hamil lebih rentang untuk mengalami infeksi jamur keputihan? lantas bagaimana cara mengatasi keputihan saat hamil?

Sebagai wanita yang sedang mengandung bayi secara otomatis akan banyak sekali perubahan pada kondisi tubuhnya. Maka dari itu situasi seperti itu ternyata akan mengakibatkan tingkat keseimbangan secara kimia pada daerah vagina menjadi tidak stabil. Misalnya saja tingkat kadar gula (energi) yang meningkat dikarenakan untuk memenuhi kebutuhan dari ibu hamil itu sendiri. Dan ternyata kadar gula yang berlebihan ini akan memicu pertumbuhan jamur keputihan yang berlebih di vagina.

Penyebab lainnya adalah dikarenakan adanya perubahan hormonal pada ibu hamil. Ditandai dengan estrogen yang semakin meningkat sehingga akan menyebabkan tingkat kehangatan dan kelembaban vagina meningkat. Kondisi seperti itu mengakibatkan pertumbuhan jamur candida yang berada di vagina menjadi tidak terkendali sehingga terjadilah yang namanya infeksi jamur keputihan.

Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil Dengan Bahan Alami

Apabila Anda terkena infeksi jamur pada saat hamil maka segeralah mungkin untuk segera ditangani, karena situasi seperti ini kalau tidak segera dilakukan penanganan takutnya akan menimbulkan masalah baru yang bisa mengganggu kesehatan organ reproduksi Anda.

Beberapa cara bisa Anda tempuh dalam hal untuk mengatasi infeksi jamur ini. Salah satunya adalah dengan menggunakan bahan alami. Adapun cara mengatasi keputihan saat hamil dengan bahan alami adalah sebagai berikut:
  1. Perbanyak untuk mengkonsumsi makanan yang kaya akan acidophilus misalnya seperti yoghurt. Selain itu perbanyak makanan yang mengandung bawang putih, karena bawang putih bisa dijadikan sebagai antijamur alami. Dan sangat berguna untuk menekan perkembangan dari mikroorganisme yang memicu infeksi jamur.
  2. Madu juga terbukti sangat ampuh untuk mengatasi infeksi pada jamur. Caranya oleskan madu pada vagina 15 menit sebelum Anda mandi. Setelah itu mandilah dengan menggunakan air hangat.
  3. Usahakan untuk tidak mengkonsumsi makanan yang kaya akan kadar gulanya. Karena gula hanya akan mempercepat pertumbuhan jamur di vagina.
  4. Cuka sudah terkenal sangat ampuh sebagai antijamur. Dianjurkan untuk situasi seperti ini Anda memilih untuk menggunakan cuka apel saja, karena cuka apel ini sudah sangat terbukti sebagai antijamur. caranya isi bak mandi Anda dengan air hangat kemudian tambahkan satu cangkir cuka ke dalamnya. Dan berendamlah di air tersebut kira-kira 15 menit.
  5. Minyak pohon teh juga terbukti sangat bagus untuk mengatasi hal ini. caranya Anda tinggal memasukkan minyak pohon teh ke dalam tampon dan suntikkan minyak tersebut ke dalam vagina Anda.
Itulah beberapa cara mengatasi keputihan saat hamil dengan menggunakan bahan-bahan alami yang bisa Anda coba. Semoga dengan melakukan cara ini Anda bisa mengatasi infeksi jamur keputihan tersebut.
 

0 Response to "Berbahayakah Keputihan Saat Hamil Dan Bagaimana Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil"

Posting Komentar